Gedung-gedung Prasarana Universitas Kadiri

Sejalan dengan perkembangan waktu, prasarana yaitu salah satunya gedung di Universitas Kadiri terus mengalami perkembangan. Pembangunan Gedung-gedung baru terus direncanakan sesuai dengan kebutuhan. Berikut gedung-gedung yang berdiri di Kampus Ceria :

 

Gedung A Universitas kadiri berasal dari  Bantuan Presiden yang diresmikan oleh Brigjen (Purn) TNI AD Zahid Husein sebagai Kepala Biro Proyek-Proyek Bantuan Presiden pada tanggal 17 Januari 1987.

Gedung ini dibangun dalam rangka menambah prasarana yang dapat digunakan untuk pertemuan dengan kapasitas yang banyak antara lain untuk wisuda, seminar, simposium dan lain-lain.

Gedung yang megah ini terdiri dari 2 (dua) laintai, dimana lantai pertama untuk kantor pusat dan fakultas dilingkungan Universitas Kadiri dan lantai kedua digunakan untuk ruang pertemuan.

Denah Gedung A Universitas Kadiri
Denah Gedung A Universitas Kadiri Lantai 1 

Gedung A Lantai 1 digunakan untuk ruang administrasi Universitas dan Fakultas di lingkungan Universitas Kadiri. Ruang administarasi Universitas terdiri dari ruang Rektor, Ruang Pembantu Rektor, Ruang Sekretaris Rektor, Ruang Video Cinverence (Vicon), Ruang Biro, dan Ruang Sekretariat Fakultas Hukum Sospol, Pertanian, Ekonomi dan Teknik

Ruang Sekretariat Pusat ini sering digunakan untuk acara penerimaan mahasiswa baru maupun ruang tunggu tamu VIP saat wisuda.

Ruang Vicon sering digunakan juga sebagai ruang rapat baik rapat tingkat Universitas, rapat tingkat Fakultas, rapat kepantiaan maupun rapat Ikatan Wanita Universitas Kadiri (IWANIK). Terkadang runag vicon juga digunakan untuk ruang kuliah.

Denah Gedung A Universitas Kadiri Lantai 2

Denah Gedung A Universitas Kadiri lantai 2 (dua) merupakan tempat yang kosong sebagai tempat untuk ruang pertemuan. Ruangan yang ada terdiri dari 2 Toilet yang berada di sebelah kiri dan kanan sisi ruang utama.

Di lantai 2 ini sebelum mempunyai Gedung Olah Raga digunakan untuk gedung olah raga juga yaitu sebagai lapangan bulu tangkis, seminggu sekali digunakan untuk latihan civitas akademika

Kegiatan yang sering menggunakan lantai 2 ini adalah acara pertemuan-pertemuan ilmiah baik di tingkat lokal, regional maupun nasional. Disamping digunakan untuk ruang pertemuan ilmiah juga digunakan untuk kegiatan Wisuda.

Gedung B Universitas Kadiri merupakan gedung yang dibangun atas dana mandiri Universitas Kadiri. Gedung B inimempunyai arsitektur yang unik dan indah berbentuk U, ditengah-tengahnya ada kolam ikan dan air mancur. Taman yang ada di halaman ini cukup asri dilengkapi dengan tempat duduk dari keramik yang bersih, sangat nyaman untuk menunggu sambil belajar. Pada area ini dilengkapi dengan Hot-spot yang dapat diakses secara gratis oleh siapa saja dalam rangka untuk memudahkan civitas akademika untuk memenuhi kebutuhan internet.

Denah Gedung B
Denah Gedung B lantai 1

Gedung B Lantai 1 terdiri dari 11 ruang yang digunakan untuk :

  1. Ruang Pertemuan
  2. Ruang Kuliah
  3. Ruang Laboratorium
  4. Ruang Administrasi
  5. Toilet

Kegiatan pertemuan sering dilaksanakan pada lantai 1 gedung ini, baik digunakan untuk keperluan intern Civitas Akademika maupun Ekstern untuk berbagai keperluan, misalnya pertemuan “Paguyuban Atar Umat Agama” di kota Kediri, Test penerimaan pegawai dari intansi lain, dan acara-acara lainnya yang sifatnya mengundang orang banyak.

Denah Gedung B lantai 2 dan 3

Gedung B Lantai 2 terdiri dari 13 ruang yang digunakan untuk :

  1. Ruang Kuliah
  2. Ruang Administrasi
  3. Ruang Laboratorium
  4. Ruang Perustakaan Pusat
  5. Toilet

Gedung B Lantai 3 sebagian besar digunakan untuk ruang laboratorium

Gedung B lantai 3 ini merupakan gedung yang relatif baru sebagai tindak lanjut dari dua lantai sebelumnya yang dilakukan secara bertahap

Gedung D Universitas Kadiri merupakan gedung yang pertama dibangun oleh Universitas Kadiri bersama dengan Gedung C dan Gedung E. Pada mulanya Gedung D Universitas Kadiri ini digunakan untuk ruang dosen dan ruang sekretariat Fakultas Hukum dan Sekretariat Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Sehubungan dengan pemusatan sekretariat Fakultas di Gedung A maka fungsi Gedung D berubah menjadi Ruang Kuliah. Selanjutnyua dengan dibangunnya Gedung B yang banyak digunakan untuk ruang kuliah, maka Gedung D beralih fungsi menjadi Ruang Dosen, Laboratorium Peradilan Semu dan Ruang Perpustakaan Fakultas Ilmu Kesehatan.

 Di depan Gedung terdapat taman yang indah, tempat ini sering digunakan untuk tempat upacara yang diselenggarakan tiap bulan sekali.

Tempat Mushola Pertama

Dalam rangka mencapai visi, misi, tujuan dan sasaran Universitas Kadiri untuk membentuk manusia yang “Cerdas, Inovatis dan Amanah”, maka aplikasi yang dilakukan adalah meningkatkan keimanan civitas akademika. Oleh karena itu prasarana ibadah sangat penting untuk diadakan.

Mushola yang pertama kali dibangun adalah seperti yang ada pada gambar di samping. Aktifitas kerohanian BEM banyak dilakukan pada gedung ini. Gedung ini tempatnya strategis, mudah dilihat dan mudah dijangkau terutama untuk memenuhi prasarana ibadah yang dilakukan oleh civitas akacemika yang melakukan kegiatan di sekitar Gedung C, D, E, F dan Gedung G Universitas Kadiri.

Tempat Mushola Kedua

Aktifitas civitas akademika tidak hanya dilakukan di Gedung C, D, E, F dan G, tetapi juga aktifitas di gedung lain yang jaraknya dengan Mushola Pertama agak jauh, terutama jika pada musim hujan. Untuk memudahkan menjangkau tempat ibadah maka Universitas Kadiri membangun lagi Gedung Ibadah yang baru yaitu Mushola Kedua yang letaknya berdekatan dengan Gedung A, B, H dan Gedung Olah Raga.

Dengan dibangunnya Gedung Mushola Kedua ini maka kebutuhan civitas akademika untuk beribadah menjadi lebih lancar dan tidak mengalami gangguan yang berarti.