Penelitian Universitas Kadiri tertera pada pasal 22 tentang Penyelenggaraan Penelitian dalam Statuta yaitu sebagai berikut :

  1. Universitas Kadiri  melaksanakan kegiatan penelitian yang merupakan kegiatan akademik dalam upaya menghasilkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan budaya/seni.
  2. Kegiatan penelitian sebagaimana dimaksud ayat (1) dapat diselenggarakan di laboratorium/, jurusan, atau di Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.
  3. Penelitian yang bersifat antar bidang, lintas bidang dan/atau multi bidang diselenggarakan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.
  4. Hasil-hasil penelitian didokumentasikan di Perpustakaan dan dapat dipublikasikan, dan/atau disajikan secara lisan dalam forum ilmiah.
  5. Jenis dan tata cara publikasi serta perlindungan hasil penelitian diatur dengan Peraturan Universitas berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Untuk media publikasi Penelitian di Universitas Kadiri mengeluarkan dalam bentuk buku cetak, namun dengan perkembangan teknologi, Lembaga Penelitian Universitas Kadiri mencoba membuat sebuah Portal Jurnal Online yang bisa diakses dimana saja dengan alamat www.jurnal.unik-kediri.ac.id