Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA)

LATAR BELAKANG

Advokat adalah salah satu profesi di bidang hukum yang memiliki peran penting abaig pencari keadilan dan penegakan hukum di Indonesia. Menurut Undang-Undang Nomor 18 tahun 2003 tentang Advokad, seseorang yang ingin diangkat menjadi advokat wajib memiliki pendidikan tinggi hukum dan telah mengikuti Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA).

Pendidikan Khusus Profesi Advokat membekali peserta didik dengan kompetensi profesi advokat (pengetahuan, ketrampilan, filosofi, dan etika praofesi). Diharapkan pendidikan ini dapat menghantarkan calon-calon advokat menjadi advokat yang profesional dengan kompetensi yang sangat memadai, memiliki kepribadian dan etika profesi yang menunjung tinggi nilai-nilai kejujuran, kebenaran, dankeadilan hukum

Fakultas Hukum Universitas Kadiri bekerjasama dengan Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI) menyelenggarakan Pendidikan KhususProfesi Advokat. Kurikulum pendidikannya disesuaikan dengan kompetensi yang diharapkan oleh seorang advokat. Para pengajar yang telibat memiliki kompetensi dan latar belakang profesi yang relevan dengan materi yang diberikan kepada peserta didik. Pendidikan ini juga menggunakan metode pengajaran yang telah dikembangkan sesuai dengan kekhususan pendidikan profesi advokat, dengan pola pendidikan ini, diharapkan lahir calon-calon advokat yang siap menjadi advokat profesional.

TUJUAN

Mempersiapkan calon advokat dengan kompetensi profesi Advokat, sehingga pada akhirnya para Advokat dapat mengembangkan profesinya dengan baik.