Universitas Kadiri Adakan Kuliah Pakar Isu – Isu Kebijakan Publik Kontemporer

No Comments

[UNIK,Sab,04/09/2021) – Isu-isu kebijakan publik merupakan bagian dari tahapan proses kebijakan yang sangat penting. Pemilihan isu yang tepat diantara isu-isu yang ada akan sangat menentukan atau dapat menjadi pengungkit (leverage) penyelesaian permasalahan publik yang bersifat komplek dan memerlukan penyelesaian secara sistemik. Terdapat beberapa dimensi untuk memilah isu-isu kebijakan yang bersifat kontemporer, yaitu isu-isu tentang substansi kebijakan dan isu-isu tentang proses kebijakan; keduanya dapat menjadi isu strategis ketika dikaji berdasarkan substansi kebijakan, aktor, sumberdaya, spesifikasi situasi, dan kewenangan aktor untuk menetapkan isu strategis menjadi agenda kebijakan. Salah satu pendekatan penting dalam menganalisis isu-isu kebijakan publik adalah policy deliberative approach, sebuah pendekatan yang mengedepankan dialog antar pihak-pihak yang berkepentingan untuk mendapatkan kepastian tentang isu kebijakan yang bersifat strategis.

Terkait adanya isu – isu kebijakan publik terlebih di masa pandemi,Universitas Kadiri melalui Fakultas Ilmu Sosial dan Politik mengadakan kuliah pakar “Isu – isu Kebijakan Publik Kontemporer” dengan menghadirkan narasumber Prof.Dr.Bambang Suprijono,MS selaku Guru
Besar FIA Universitas Brawijaya dan Dr.M.Daimul Abror, SIP., M.Si selaku moderator.

Kuliah pakar yang diadakan pada Sabtu, 04 September 2021 melalui via Zoom dan disiarkan secara langsung melalui kanal youtube Universitas Kadiri. Ditemui ditempat terpisah Drs. Sugeng Widodo M.Si selaku Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik mengatakan bahwa isu-isu kebijakan publik (Policy Process) , secara sistematik isu tersebut dapat dijadikan sebagai dasar dalam penyusunan tahap-tahap, agenda-setting, policy formulation, decision making, sampai dengan implementation dan evaluation.

Post by Humas Universitas Kadiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *