Universitas Kadiri Raih Predikat Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi “Baik Sekali”

No Comments

[UNIK, Rab/28/2021] – Rabu, 28 April 2021 Universitas Kadiri meraih predikat “Baik Sekali” dari BAN -PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Capaian ini tertuang dalam keputusan BAN-PT dengan No. 365/SK/BAN-PT/Akred/PT/IV/2021 yang ditandatangani oleh Direktur Dewan Eksekutif, Prof.T.Basaruddin. Sertifikat akreditasi Perguruan Tinggi ini berlaku untuk 5 (lima) tahun sejak tanggal 27 April 2021 sampai dengan 27 April 2026.

Ditemui di ruangannya, Ir. Djoko Rahardjo selaku Rektor Universitas Kadiri mengungkapkan kegembiraannya “Alhamdullilah hasil akreditasi AIPT Universitas Kadiri telah keluar dan mendapatkan predikat ‘Baik Sekali’. Apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah bekerja keras dan saling bahu membahu dalam mempersiapkan isian borang AIPT dan visitasi virtual assesor pada tanggal 16-17 April 2021.”

Akreditasi institusi adalah proses penilaian terhadap Institusi secara keseluruhan untuk mengetahui komitmen institusi terhadap penyelenggaraan kegiatan akademik dan manajemen institusi yang didasarkan pada standar akreditasi BAN-PT. Dengan demikian, peringkat akreditasi yang diraih ini merupakan pengakuan terhadap keseriusan Universitas Kadiri dalam dan melaksanakan kegiatan akademik mengelola Universitas.

Adapun aspek-aspek penting yang dinilai dalam proses Akreditasi ini diantaranya adalah: ketercapaian visi-misi, tujuan dan sasaran, tata pamong, pengelolaan dan penjaminan mutu, mahasiswa dan lulusan, sumber daya manusia, kurikulum, pembiayaan, sarana prasarana, sistem informasi, penelitian, kerja sama serta pengabdian kepada masyarakat. Proses akreditasi dimulai dengan pengumpulan Borang Akreditasi dan Laporan Evaluasi Diri. Selanjutnya asesor melakukan desk evaluation untuk kemudian melakukan site visit virtual. Hasil site visit selanjutnya diolah kembali oleh BAN-PT, dan diperoleh nilai akhir.

Pengakuan ini juga merupakan tanggung jawab besar bagi seluruh civitas academika Universitas Kadiri untuk menyelenggarakan sistem pendidikan yang berkualitas dan berkesinambungan, serta mendukung penyelesaian masalah yang dihadapi masyarakat.

Post by Humas Universitas Kadiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *