Universitas Kadiri Raih Akreditasi Jurnal Nasional KEMENRISTEKDIKTI Periode III Tahun 2020

No Comments


[UNIK,Kam,28/01/2021) – Dalam Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2018 tentang Akreditasi Jurnal Ilmiah dijelaskan bahwa Jurnal Nasional dikatakan terakreditasi apabila proses akreditasi jurnal ilmiah dilakukan secara elektronik melalui jejaring teknologi informasi dan komunikasi. Dengan kata lain, semua jurnal yang diterbitkan harus tersedia dalam bentuk daring atau memiliki E-ISSN (ISSN daring) agar artikel dapat ditelusuri, secara transparan dapat diperiksa terutama terkait dengan plagiarisme atau agar tidak terjadi tumpang tindih pengembangan keilmuan, dan meningkatkan daya baca (jurnal terbukti memiliki daya tarik untuk dibaca dan disitasi).

Tiga jurnal ilmiah Universitas Kadiri (UNIK) meraih Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode III Tahun 2020 melalui Surat Keputusan Menteri Riset dan Teknologi/ Badan Riset dan Inovasi Nasional Nomor 200/M/KPT/2020. Ketiga Jurnal tersebut yaitu :

  • Jurnal AGRINIKA : Jurnal Agroteknologi dan Agribisnis dengan EISSN : 27212807
  • Jurnal TRANSPARASI HUKUM dengan EISSN : 26139197, dan
  • Jurnal Mahasiswa Teknik Industri dengan EISSN : 26221004

Jurnal Agrinika meraih Akredittasi SINTA 3 dimulai dari Vol.1 No.1 tahun 2017, Jurnal Transparasi Hukum meraih Akreditasi Sinta 5 dimulai dari Vol.1 No.1 Tahun 2018, danJurnal Mahasiswa Teknik Industri meraih Akreditasi  SINTA 5 dimulai dari Vol. 5 No.3 Tahun 2018.

Rektor Universitas Kadiri yakni Ir. Djoko Rahardjo,MP menyampaikan apresiasi kepada seluruh pengelola jurnal yang telah berhasil meraih akreditasi Jurnal Ilmiah Periode III Tahun 2020. Mendukung program akreditasi jurnal nasional tersebut, berbagai program peningkatan kualitas manajemen dan substansi artikel jurnal telah dilaksanakan secara berkala bagi para pengelola dan penulis jurnal di Universitas Kadiri. Pada tahun 2020 ini, Universitas Kadiri terus berupaya meningkatkan kapasitas para penulis dan pengelola jurnal ilmiah melalui berbagai pelatihan, baik yang diselenggarakan oleh internal tim pengembang jurnal Universitas Kadiri maupun oleh pihak ekternal seperti Lembaga asosiasi jurnal, perguruan tinggi, dan kementerian terkait pengelolaan jurnal.

Post by Humas Universitas Kadiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *