Bimbingan Teknis Aplikasi Pendataan Implementasi MBKM dan 4 Anti pada Perguruan Tinggi di Lingkungan LLDIKTI Wilayah VII

No Comments

[UNIK,08/11/2022]- Universitas Kadiri menjadi tuan rumah dalam acara Bimbingan Teknis Aplikasi Pendataan Implementasi MBKM dan 4 Anti pada Perguruan Tinggi di Lingkungan LLDIKTI Wilayah VII. Acara ini mengundang 80 Perguruan Tinggi Swasta di wilayah Jawa Timur.

Kegiatan Bimbingan Teknis dibuka oleh Kabag Umum LLDIKTI Wilayah VII, Dr. Ivan rofian, M.Kp., acara ini merupakan acara lanjutan dari bimtek sebelumnya untuk peningkatan mutu pendidikan utamanya tentang program MBKM yang telah dicanangkan oleh menteri pendidikan.

Ditengah pesatnya transformasi teknologi digital, tentunya LLDIKTI perlu melakukan akselerasi pendidikan atau pelaksanaan tridarma perguruan tinggi. Karena gencarnya teknologi membawa dampak-dampak hukum di lingkungan pendidikan yang masuk dalam kebijakan 4 Anti, yakni anti narkoba, anti kekerasan seksual, anti bullying, dan anti korupsi.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh LLDIKTI Wilayah VII ini dilaksanakan untuk mensosialisasikan aplikasi milik LLDIKTI mengenai pendataan implementasi MBKM yaitu Dasboard Akademik. Aplikasi ini digunakan untuk akuntabilitas publik agar publik dapat memantau capaian Akademik suatu Universitas.

Selain pembahasan tentang aplikasi akademik, Penanganan Pencegahan Kekerasan Seksual (PPKS) juga menjadi fokus yg dibahas dalam kegiatan ini karena merupakan salah satu dari 4 Anti, berdasarkan Permendikbudristek nomor 30 tentang pengimplementasian program PPKS, langkah utama PPKS antara lain :

  1. Cegah
  2. Lindungi
  3. Pantau & Evaluasi
  4. Tangani

Institusi pendidikan harus membuat satuan petugas yang ditunjuk sebagai upaya pencegahan kekerasan seksual di universitas.

Rektor Universitas Kadiri berkenan memberikan sambutannya dalam acara ini, Rektor menyampaikan selamat datang kepada seluruh tamu perwakilan perguruan tinggi swasta di LLDIKTI Wilayah VII dan Kabag Umum LLDIKTI VII beserta jajaran. Rektor memperkenalkan prodi-prodi yang ada di Universitas Kadiri kepada seluruh tamu undangan yang hadir dalam rangka untuk membuka peluang kerjasama baru dengan pergurun tinggi swasta di wilayah LLDIKTI VII.

Post By Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

http://web2.ecologia.unam.mx/ConocimientoSocioEcologico/slot-gacor/

http://web2.ecologia.unam.mx/pruebas/slot-deposit-pulsa/

https://pulauseributraveling.id/