Diklat dan Tadabbur Alam UKKI An-Nur Universitas Kadiri

No Comments

[UNIK,05/11/2022]- Dengan mengambil tema “Memperkuat Ukhuwah Islamiyyah Untuk Membangun Akhlak dan Moral Generasi yang Islami”, UKKI An-Nur Universitas Kadiri melaksanakan Diklat dan Tadabbur Alam pada 5 November 2022 di Aula Universitas Kadiri.

Kegiatan Diklat dan Tadabbur Alam diisi dengan mendengarkan materi yang membahas tentang Teladan Kepemimpinan Rasulullah. Materi diisi oleh Rohmad Krissanjaya, S.Si., M.Si. yang merupakan dosen Fakultas Ilmu Kesehatan Program Studi Farmasi Universitas Kadiri.

Selain menjelaskan tentang Teladan Kepemimpinan Rasulullah, Bapak Rohmad juga menjelaskan tentang prinsip dalam beragama. Menurutnya seorang pemimpin harus mampu untuk mengendalikan nafsu, agar bisa memimpin anggotanya. Selain itu harus memiliki keunggulan dan derajat yang tinggi agar menjadi teladan bagi anggotanya.

Dalam konteks Islam, kepemimpinan yang baik hendaknya meneladani kepemimpinan Rasulullah SAW yang tujuan dalam kepemimpinannya adalah kebaikan di dunia dan akhirat. Bapak Rohmad mengisahkan tentang cerita kepemimpinan Rasulullah sebagai contoh kepada para anggota UKKI.

Agar suasana tidak membosankan Bapak Rohmad mengajak para anggota UKKI untuk melantunkan sholawat bersama-sama, sholawat yang dilantunkan adalah sholawat Nuril Anwar, sholawat Nuril Anwar dibuat oleh Al-Imam Al-Quthb Asy-Syaikh Ahmad bin ‘Ali bin Yahya Al-Husaeni Al-Badawi r.a.

Sholawat ini memiliki keistimewaan dan manfaat bagi siapa saja yang rutin membacanya. Untuk itu umat Islam perlu membacanya di sela-sela waktunya setiap hari karena manfaatnya yang luar biasa.

Bacaan sholawat Nuril Anwar antara lain:

اَللَّهُمَّ لِّ لَى الاَنْوَارِ اْلاَسْرَارِ اقِ اْلاَغْيَارِ احِ ابِ الْيَسَارِ ا لاَنَا الْمُخْتَارِ الل اْلاَطْهَرِ اابِهِ اْا الْمُخْتَارِ اللَطْهَرِ اْلاَطْهَرِ اَصْحَابِهِ اْل

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah limpahan dari segala cahaya, rahasia dari pengiriman rahasia, penawar duka dan kebingungan, membuka pintu kemudahan, yakni junjungan kami Nabi Muhammad Saw yang terpilih, keluarganya yang suci, dan para sahabatnya yang mulia sebanyak hitungan nikmat Yang Mahakuasa dan karunia-Nya.”

Bapak Rohmad berharap dengan adanya kegiatan ini dapat membangun kebaikan-kebaikan yang lebih banyak lagi baik bagi diri sendiri maupun bagi lingkungan sehingga terbangun akhlak dan moral islami.

Pada sesi kedua diisi oleh Agung Mafazi,SH.,MH. sebagai pemateri kedua. Bapak Agung merupakan Dosen fakultas Hukum Universitas Kadiri. Bapak Agung menyampaikan materi tentang Tadabbur Qur’an, yang mana jika kita memahami dan merenungkan Al Qur’an maka akan membuahkan iman.dengan mempelajari Al Qur’an dan memanfaat serta mengamalkannya, maka akhlak dan perbuatan kita akan semakin baik.

Manfaat tadabbur Quran antara lain adalah akan menambah keimanan, ketentraman hati, memperoleh hikmah dari peristiwa-peristiwa yang telah lalu dan kekusyu’an dalam beribadah. Diakhir sesi, peserta diberikan kesempatan untuk bertanya kepada pemateri.

Post By Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

http://web2.ecologia.unam.mx/ConocimientoSocioEcologico/slot-gacor/

http://web2.ecologia.unam.mx/pruebas/slot-deposit-pulsa/

https://pulauseributraveling.id/