Sambut Nuzulul Qur’an UKKI An-nur Gelar khotmil Qur’an

No Comments

[UNIK,Rab,20/04/2022]- Dalam rangka menyambut Nuzulul Qur’an atau peristiwa turunnya Al Qur’an kepada Nabi Muhammad SAW, UKKI An-nur Universitas Kadiri mengadakan kegiatan Khotmil Qur’an (Hataman Al Qur’an). Kegiatan dilaksanakan pada 18 Ramadhan 1943 H (Rabu, 20 April 2022) di Aula Gedung J Lantai 3 Universitas Kadiri jam 12.30 (ba’da dzuhur).

Acara dimulai dengan Qiro’atul Qur’an (pembacaan ayat suci Al Qur’an), kemudian dilanjutkan dengan pembahasan kitab Mabadi Fiqih oleh Muhammad Renaldi Yeri Yanuar mahasiswa dari Fakultas Hukum Prodi S1 Hukum Universitas Kadiri.

Kitab Mabadi Fiqih atau Kitab Mabadi’ul Fiqhiyyah merupakan kitab bermadzhab Imam Asy-Syafi‟i yang disusun oleh Umar Abdul Jabbar yang membahas tentang ibadah keseharian, seperti: thaharah, najis, istinja‟, mandi wajib, tayamum, shalat, zakat, puasa, haji, dll. Hal demikian sering dikenal dengan sebutan Fiqh.

Selama pembahasan, para peserta terlihat khitmad menyimak apa yang telah disampaikan oleh rekan mereka. Karena apa yang dibahas terkait dengan kehidupan sehari-hari, sehingga ilmu yang disampaikan bisa diamalkan untuk kehidupan sehari-hari.

Setelah pembahasan kitab Mabadi Fiqih selesai, dilanjutkan dengan sambutan dari Pembina UKKI yaitu Agung Mafazi, MH. dalam sambutannya Agung menyampaikan agar anggota UKKI dapat meningkatkan kualitas SDMnya dan dapat mengajak anggotanya untuk lebih aktif agar bisa menyebarkan kegiatan positif di lingkungannya. Beliau juga berharap semoga di hari ke-18 Ramadhan ini diberikan kekuatan iman yang lebih baik dan mengharapkan pahala hanya semata-mata kepada Allah SWT dengan menuntut ilmu dan kegiatan positif lainnya.

Kegiatan selanjutnya adalah hataman Al Qur’an yang dibaca secara bersama-sama dan dibagi per bagian sesuai peserta yang ada.

 

Post By Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.

http://web2.ecologia.unam.mx/ConocimientoSocioEcologico/slot-gacor/

http://web2.ecologia.unam.mx/pruebas/slot-deposit-pulsa/

https://pulauseributraveling.id/