Pembukaan Prodi Profesi Apoteker Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Kadiri

No Comments


[UNIK-Sen/25/01/21] – Program Studi Profesi Apoteker (PSPA) merupakan Pendidikan lanjutan dari Program Studi Farmasi. Salah satu syarat dari pendirian PSPA yaitu Fakultas ataupun Program Studi Sarjana Farmasi haruslah sudah terakreditasi B. Hal tersebut tentulah menjadi peluang untuk pendirian Program Studi Profesi Apoteker di Universitas Kadiri.

Berdasarkan SK keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia  Nomor 1270/M/2020 tentang Pembukaan Program Studi Profesi Apoteker pada Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Kadiri resmi berdiri. Pendirian Program Studi Profesi Apoteker ini diharapkan dapat ikut andil dalam meningkatkan posisi Indonesia di dunia, dengan cara menghasilkan lulusan yang kompeten sehingga dapat meningkatkan pelayanan kefarmasian dimasyarakat yang dapat meningkatkan kesehatan.

Pendidikan Apoteker memiliki perbedaan mendasar dengan Program Studi Sarjana Farmasi yaitu pada Program Studi Sarjana Farmasi mempelajari mengenai keilmuan dasar kefarmasian sedangkan pada pendidikan Apoteker merupakan aplikasi dalam penerapan pengetahuan secara profesional dan memenuhi aspek etik pada pelayanan farmasi sesungguhnya yaitu pada Rumah Sakit, Apotek, Industri Farmasi, Balai Pengawasan Obat dan Makanan, laboratorium kesehatan, gudang farmasi dan Puskesmas. Oleh karena itu, lulusannya dapat melaksanakan pekerjaan profesi apoteker secara nasional dan internasional (dapat dilakukan uji penyetaraan atau kompetensi tergantung dari negara yang dituju).

Ditemui di kesempatan yang sama, Ir. Djoko Rahardjo,MP selaku Rektor Universitas Kadiri mengatakan bahwasanya dengan adanya Pembukaan Profesi Apoteker adalah hal yang sangat membanggakan bagi Fakultas Ilmu Kesehatan, khususnya Universitas Kadiri.

“Jadi bagi seluruh masyarakat Kota Kediri ataupun para alumni yang ingin melanjutkan pendidikan profesi apoteker, kini dapat melanjutkan Pendidikan profesi apotekernya di Universitas Kadiri. Karena Universitas Kadiri juga telah membuka pendaftaran bagi mahasiswa baru.” Ujar Ir. Djoko Rahardjo,MP selaku Rektor Universitas Kadiri, saat ditemui pada Sabtu, 23 Januari 2021 di ruangannya.

Post by Humas Universitas Kadiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *