[unik-kediri.ac.id, Sen, 07/10/2019] – Demi meningkatkan akreditasi di setiap fakultas yang ada di lingkungan Universitas Kadiri, Senin, 07 Oktober 2019 Universitas Kadiri mengadakan sosialiasi Instrumen Akreditasi Program Studi (IAPS) versi 4.0 bertempat di Aula Universitas Kadiri.

Ir. Djoko Rahardjo, MP selaku Rektor Universitas Kadiri dalam pembukaan Sosialisasi Instrumen Akreditasi Program Studi (IAPS) versi 4.0

Peserta yang hadir dalam kegiatan ini adalah para Dekan beserta dengan wakil dekan, para Ketua Jurusan dan para Ketua Program Studi pada masing – masing fakultas di lingkungan Universitas Kadiri. Dimana dalam hal ini pengukuran mutu dititik beratkan pada aspek proses, input dan outcame. Sementara pada instrumen sebelumnya, lebih banyak menggunakan aspek input saja.  Dalam pemberian materinya, keempat narasumber yakni Ir. Edy Kustiani., MS; Dessy Lutfiasari.,S.ST.,M.Kes; Arinda Rossita., S.AP.,M.PA dan Berlian T.,S.AP.,MPA menjelaskan mengenai standar dan kriteria instrumen BAN PT sebelum dan sesudah SN dikti 2015 (Permenristekdikti No 44 2015). Pada sosialisasi IAPS Senin, 07 Oktober 2019 menitik beratkan bahwa penilaian IAPS versi 4.0 tidak hanya sebatas pada input, proses dan output saja. Melainkan penilaian instrumen akreditasi harus berbasis data dan berbasis outcame. Sehingga perguruan tinggi dituntut untuk cepat dan tanggap terhadap perubahan – perubahan aturan tentang akreditasi.

Dekan, Wakil Dekan, Ketua Jurusan dan Ketua Program Studi serta Kepala Unit dan Bidang di lingkungan Universitas Kadiri dalam Sosialisasi IAPS versi 4.0 Senin, 07 Oktober 2019 bertempat di Aula Universitas Kadiri.

Sosialiasi Instrumen Akreditasi Progam Studi (IAPS) versi 4.0 bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang IAPS versi 4.0 yang mencakup Pengenalan Laporan Evaluasi Dini (LED) dan Laporan Kinerja Program Studi (LKPS). LED dan LKPS berfokus pada pengembangan perguruan tinggi. LED harus memuat 9 kriteria akreditasi yang meliputi :

  • Visi, Misi, Tujuan dan Strategi
  • Tata kelola, Tata Pamong dan Kerja Sama
  • Mahasiswa
  • Sumber Daya Manusia
  • Keuangan, Sarana dan Prasarana
  • Pendidikan
  • Penelitian
  • Pengabdian Kepada Masyarakat, dan
  • Luaran dan Capaian Tridharma.

“ Saat ini, untuk hasil akreditasi IAPS versi 4.0 akan dinyatakan dalam bentuk status akreditasi dan peringkat terakreditasi sebagai status akreditasi. Terakreditasi atau Tidak Terakreditasi dan Peringkat Terakreditasi : Baik, Baik Sekali dan Unggul.” Ucap Ir. Edy Kustiani, MS.

Post by Humas Universitas Kadiri