Pendidikan Dasar UKM M.P.A Mauna Kea yang dilaksanakan pada tanggal 15 – 18 November 2018 yang dilaksankan di Air terjun Leyangan Ds. Parang Kec. Banyakan Kediri. Pendidikan dan Pelatihan Dasar mahasiswa pecinta alam Universitas Kadiri yang menanamkan nilai – nilai dari Visi dan Misi Universitas Kadiri dan juga moto kepencita alaman dan disitu  dari sebagian kalangan  masyarakat yang memandang bahwa pecinta alam itu identik dengan kekerasan namun di UKM M.P.A Mauna Kea disini malah diajarkan berkepribadian yang sopan dan berjiwa sosial tinggi.

Sebelum hari pelaksanaan pendidikan dan pelatihan dasar untuk melakukan persiapan dari pihak panitia meberikan pembekalan meteri dan latihan fisik untuk peserta diksar selama satu bulan guna mempersiapkan materi dan kondisi fisik yang baik. Setiap peserta diksar diwajibkan untuk tes kesehatan guna mengetahui kondisi fisik peserta sebelum turun di lapangan.

Pada tanggal 15 November 2018 untuk melakukan persiapan pendidikan dan pelatihan dasar diadakan packing logistik dan keperluan P3K. (16/11) Paginya kita upacara pemberangakatan yang dihadiri oleh Wakil Rektor III dan jajaranya selesainya upaca pemberangkatan. Peserta dan panitia langsung melakukan perjalanan menuju lokasi pendidikan dan pelatihan dasar. Sesampainya dilokasi kita bergegas melakukan sosial penduduk dengan masyarakat sekitar tepatnya di Ds. Parang. Selapas itu kami langsung bergegas menuju ke lokasi camp pertama.

Memasuki hari kedua tepatnya pada tanggal 17 November 2018, kita melaksanakan senam pagi dan sarapan, kemudian kita melakukan bersih diri dan packing lalu dilanjut dengan melakukan perjalanan menuju ke lolasi camp kedua disela perjalanan menuju lokasi camp kedua kami melakukan aplikasi materi yaitu meliputi Navigasi Darat, Survival dan SAR (search and rescue).

Dihari ketiga pada tanggal 18 November 2018 kita adakan uapacara pelantikan dan penyematan scraf, dilanjutkan perjalanan menuju kampus sembari menikmati asrinya suasana alam pegunungan.Tiba di kampus jam 10.00 langsung upacara penutupan dan prosesi jenang sengkolo/jenang merah di lanjut dengan foto bersama.