Universitas Kadiri kembali menggelar kegiatan Donor Darah dalam rangka mengisi kegiatan rutin tahunan BEM Fakultas Ilmu Kesehatan. Aksi sosial ini dilaksanakan di Ruang Aula B1-05 Universitas Kadiri pada tanggal 5 desember 2018, selanjutnya darah tersebut disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan melalui Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Kediri. Kegiatan donor darah ini diikuti oleh mahasiswa, karyawan dan dosen Universitas Kadiri.

  

Mendonorkan darah memiliki banyak manfaat diantaranya bisa merangsang sumsum tulang tetap keadaan aktif. Darah yang didonorkan sekitar 350 cc akan digantikan dengan 350 cc darah baru yang mempunyai  fungsi dan kekuatan lebih optimal guna mengangkut nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh sehingga tubuh secara umum akan terjaga kesehatannya. Selain itu donor darah juga berguna untuk memelihara fungsi jantung, sebab darah dalam jumlah  terlalu banyak dapat membebani jantung. Saat sumsum tulang panjang memproduksi sel darah, bukan hanya sel darah merah yang dibuat, tapi juga semua sel  darah dan komponennya.

Kegiatan ini diharapkan bisa menjadi contoh yang baik bagi masyarakat lainnya agar timbul rasa peduli untuk senantiasa membantu masyarakat lain yang membutuhkan bantuan darah secepatnya. Karena selama ini PMI sering kekurangan stok darah segar untuk para pasien yang membutuhkan. Jadi kegiatan ini secara langsung sangat bermanfaat untuk membantu para pasien pengguna darah tersebut.

Admin.