Belum terlambat kiranya kalau pada hari ini Sabtu, 18 Pebruari 2017, penulis mengangkat topik tentang KRS-Online. Ya, sistem ini masih terbilang baru, lebih dikenal beberapa bahkan sebagian besar mahasiswa dengan sebutan ini. Nama sebenarnya dari sistem ini adalah siakad online. Benar. Sesuai namanya, siakad (sistem informasi administrasi akademik) online ini diperuntukkan bagi mahasiswa untuk mengurus segala bentuk administrasi akademiknya selama menjadi mahasiswa di Universitas Kadiri secara online, yang artinya tidak hanya di lokal kampus.

Dengan sistem ini, mahasiswa tidak hanya bisa melakukan pengisian rencana studi (KRS) saja, namun mahasiswa juga dapat melihat jadwal perkuliahan, hasil studi yang telah ditempuh, index prestasi (IP), mata kuliah yang belum ditempuh, dan juga transkrip. Dengan demikian mahasiswa bisa menghitung sendiri berapa lama waktu yang diperlukan untuk sampai dengan masa studinya berakhir. Selain itu, mahasiswa juga bisa melihat rekaman pembayaran dan daftar tanggungan yang harus dibayarkan di semester yang akan/sedang ditempuh. Ini berarti mahasiswa juga lebih dimudahkan lagi, dengan dapat mempersiapkan biaya kuliahnya di jauh hari.

Sistem ini dibangun, selain dengan tampilan yang userfriendly juga berbasis online yang dapat diakses dari manapun, tidak hanya melalui PC atau laptop pribadi, tetapi juga dapat melalui smartphone, sehingga memudahkan mahasiswa dalam penggunaannya. Sistem yang terintegrasi dalam injanik ini sudah dilaunching pada pertengahan tahun 2016 lalu, yaitu ketika tahun akademik 2016/2017 akan dimulai. Memasuki semester kedua, diharapkan dengan adanya siakad online, Universitas Kadiri benar-benar mampu mewujudkan tujuan dibangunnya sistem ini, yaitu adanya peningkatan pelayanan administrasi akademik kepada mahasiswa. Meskipun dalam perjalanannya sampai dengan hari ini memang masih diperlukan perbaikan-perbaikan untuk menjadikan sistem ini semakin baik.

Percakapan dengan salah seorang mahasiswa menjawab pertanyaan mengenai tanggapan mahasiswa terkait adanya siakad online ini. “Dengan adanya siakad online, Saya bisa terbantu untuk mengetahui hasil studi, tanggungan pembayaran, dan informasi lainnya yang berkaitan dengan administrasi akademik.” (M. Burhanudin, Fakultas Ekonomi, 2014).

Ditemui di ruangannya, Ibu Dra. Sasi Utami, MM, Kepala Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) Universitas Kadiri menuturkan perihal adanya siakad online. Beliau berharap dengan adanya sistem ini proses administrasi akademik di Universitas Kadiri menjadi lancar sehingga pelayanan kepada mahasiswa berjalan mudah dan lebih baik lagi.

Di tempat terpisah,  Kepala Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi (BAPSI), Bapak Ir. Tutut Dwi Sutiknjo, MP juga menyampaikan harapannya kepada mahasiswa maupun dosen untuk dapat menggunakan dan memanfaatkan sistem ini secara optimal, serta hendaknya ke depan ada perubahan perilaku menjadi lebih tertib, untuk menuju perilaku menggapai masa depan yang lebih cerah.

Untuk Anda, mahasiswa Universitas Kadiri yang belum mengenal siakad online sampai dengan hari ini, silahkan klik http://siakad.unik-kediri.ac.id. Kritik dan saran yang bersifat membangun untuk sistem ini bisa disampaikan via email berikut ini siakad@unik-kediri.ac.id.

Semoga bermanfaat.

 

Admin.